13 Agustus 2009

Lakukan Test dan Ukur Blog Anda Secara Rutin

Nah supaya, efisien, Anda harus melakukan test dan ukur dalam perjalanan bisnis Anda. Lakukan sebuah percobaan, catat hasilnya, lalu ukur (evaluasi), bagaimana hasil yang didapatkan? Jika sudah bagus, teruskan atau beralih kepada optimasi poin lainnya dari bisnis Anda. Jika belum, ganti dan terus benahi hingga hasilnya OK.

Lakukan percobaan memasang berbagai judul iklan yang berbeda-beda, hitung hasil penjualan yang didapatkan dari hasil iklan tersebut berapa. Jika hasilnya dengan judul “abc”, teruskan. Jika hasilnya buruk dengan judul “abc”, ganti menjadi “def”, dan seterusnya hingga cocok.

Lakukan percobaan memasang iklan pada berbagai jaringan iklan yang berbeda. Setiap jaringan memiliki pasar, jangkauan dan karakteristiknya masing-masing. Jika Anda merasa yang sekarang kurang bagus, coba beralihlah ke jaringan iklan pesaing, siapa tahu lebih cocok.

Contohnya :

  • Coba taruh lead form (opt-in form) Anda di awal halaman, hitung berapa persentase leads yang bisa Anda dapat dalam sehari? 10%?
    Sekarang coba taruh form opt-in Anda di bagian tengah halaman, di akhir halaman, melayang sepanjang halaman. Mana yang paling besar presentasenya? Temukan dan gunakan hal tersebut sebagai senjata utama.
  • Coba ganti headline sales letter Anda, lihat apa pengaruhnya pada konversi. Semakin turun atau semakin tinggi? Apakah dari 1% menjadi 2%? Atau malah menjadi lebih kecil (Turun) konversinya?
    Jika turun, kembalikan ke semula, atau modifikasi lagi. Jika naik, teruskan. Lakukan dengan 5-10 headline berbeda, dan pilih salah satu yang hasilnya paling bagus.
  • Coba ketahui dari mana saja sumber traffik Anda? Dari mana saja Anda mendapat pengunjung? Perbaiki sumber traffik yang belum bagus, optimalkan sumber traffik yang sudah ada.
  • Lakukan test dan ukur apakah URL affiliasi Anda banyak yang meng-klik? Apakah kampanye newsletter Anda menghasilkan konversi yang besar?
  • … dan sebagainya

Untuk memudahkan Anda melakukan proses test dan ukur ini, Anda bisa mempergunakan berbagai alat bantu untuk melakukan test dan ukur yang ada di internet, ada banyak program gratisan yang bisa Anda manfaatkan. Tools ini biasa disebut tools statistik / analytics.

Beberapa contoh alat bantu analisa yang bisa Anda pergunakan (dan juga saya pergunakan) seperti :

Histats.com untuk mengecek data trafik situs Anda

histats1

Snipurl.com untuk mengecek jumlah klik pada URL Anda

snipurl1

Feedburner.com untuk mengecek statistik Feed dari situs / blog Anda

feedburner1-newsletter

Dan masih banyak lagi alat-alat untuk melakukan test dan ukur yang lainnya.

Dengan melakukan test dan ukur, Anda menjaga efisiensi dan efektifitas bisnis Anda. Dengan demikian Anda bisa menjaga bahkan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Contohnya : lakukan test headline menaikkan tingkat konversi.

Ubah, lalu ukur hasilnya. Apakah konversinya naik atau turun?

Jika turun, ganti lagi hingga cocok. Jika naik, selamat!

Bayangkan bagaimana jika Anda bisa menaikkan konversi sales letter Anda dari 1% menuju 2%? Itu berarti untung Anda berlipat menjadi dua kali!

Lalu bagaimana kalau dari hasil test dan ukur tersebut Anda bisa menghasilkan sales letter yang memiliki konversi 3% bahkan 4%?

Contohnya : lakukan test perubahan judul halaman dan efeknya pada ranking situs Anda di Google search?

Ubah, lalu ukur hasilnya. Mmembuat ranking situs Anda naik atau turun?

Jika turun, ganti lagi hingga cocok. Jika naik, selamat!

Bayangkan, berapa ratus atau berapa ribu lagi traffik pengunjung gratis yang bisa Anda dapatkan dari Google search hanya dengan mengganti (dan mengukur) perubahan sederhana yang Anda lakukan.

Bayangkan semua kemungkinan yang terjadi, lalu pikirkan : mungkinkah semua hal tersebut bisa Anda dapatkan tanpa mau melakukan proses test dan ukur?

Lalu pikirkan juga : andai Anda tidak melakukan proses test dan ukur tersebut, sudah berapa banyak potensi keuntungan yang Anda lewatkan?

Jawabannya pasti : banyak sekali potensi untung yang terlewat.

Karenanya, jika Anda sekarang belum melakukan test dan ukur, lakukan sekarang juga. Jika tidak, berarti Anda melewatkan berbagai keuntungan yang bisa diraih.

Demikian tips hari ini dari saya.

Semoga bermanfaat untuk Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar