02 Juni 2009

Panduan Menggunakan Widgets pada Blog WordPress

Apa itu istilah widgets pada blog wordpress? Widgets adalah text box atau element yang berguna untuk memasukkan kode program, script program, script plugin wordpress pada halaman Blog tanpa Anda harus mengotak-atik kode program blog wordpress.

Untuk mengakses halaman widgets ini, Anda bisa buka pada menu Tabs Design > Widgets

Panduan Menggunakan Widgets pada Blog WordPress adalah sebagai berikut:

1. Tentukan dimana letak widgets akan ditambahkan apakah pada sidebar kanan, bawah, tengah dan lain-lainnya. Tempat yang tersedia untuk memasukkan widgets ini tergantung dari template blog wordpress yang digunakan. Pada contoh ini saya pilih Ad Place, lalu klik tombol show.

2. Selanjutnya pilih widgets yang akan dimasukkan pada bagian tersebut (dalam contoh ini bagian Ad Place pada template blog yang saya gunakan). Anda tinggal klik Add pada widgets yang akan ditambahkan dan klik save.

3. Atau bila Anda ingin memasukkan kode dari luar contoh kode program affiliate, kode banner iklan, kode iklan google adsense dan lain-lainnya, Anda pilih Add widgets Text, lalu masukkan kode program affiliate atau kode adsense lalu klik save changes.

4. Lalu lihat hasilnya apakah sesuai dengan keinginan Anda untuk penempatan widgets tersebut.

Dengan adanya widgets ini membantu untuk menyisipkan kode program ke bagian tampilan blog wordpress tanpa Anda harus mengerti programming untuk meletakkan kode html dibagian mana. Selamat menggunakan widgets!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar